BENGKALIS, GORIAU.COM - Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh menyampaikan terimaksihnya kepada para petinggi TNI yang mengembalikan Kodim 0303 Bengkalis ke ''Pangkuan Ibu Pertiwi''. Kendati bernama Kodim 0303 Bengkalis, tapi selama ini kedudukannya di Kota Dumai.Bupati Herliyan mengucapkan selamat dan tahniah dengan ditempati Makodim 0303 Bengkalis di Kota Bengkalis yang merupakan relokasi dari kota Dumai.

"Selama ini, kita mengenal Kodim 0303 Bengkalis itu namanya saja Bengkalis, tetapi tempatnya di Dumai. Dikarenakan dahulunya Dumai masih bagian dari Bengkalis. Jadi, sudah lama sebenarnya masyarakat Bengkalis merindukan Kodimnya kembali kepangkuan ibu pertiwi. Alhamdulillah, hari ini keinginan tersebut terwujud karena Makodim 0303 sudah kembali dipangkuan ibu pertiwi," ungkap Bupati yang disertai tepukan gemuruh dari tamu undangan.

Lebih lanjut Bupati berharap dengan relokasi Kodim 0303 Bengkalis semakin memperkokoh kemanunggalan TNI dan rakyat guna memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

Keberadaan TNI kata Bupati, mempunyai tugas dalam menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari ancaman dalam maupun luar. Oleh karena itu, perlu dibangun sinergitas antara TNI, pemerintah dan rakyat, sehingga upaya menjaga kedaulatan bangsa ini akan terus terjaga.

''Letak geografis Kabupaten ini berada di pesisir pantai jalur Selat Malaka dan berbatasan langsung dengan negeri jiran Malaysia. Kondisi ini tentu menjadi kerawanan terhadap ancaman paham ideologi luar yang dikhawatirkan akan melunturkan nilai-nilai kebangsaan. Mohon agar TNI tak bosan-bosan melakukan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat tentang pentingnya menumbuhkan rasa cinta tanah air,'' ujar Bupati.

Sebelum peresmian, Danrem bersama rombongan juga berkeliling markas Kodim meninjau sejumlah gedung. Danrem juga berkesempatan menanam pohon di sekitar Marks Kodim.(jfk)