BENGKALIS, GORIAU.COM - Dalam rangka mendukung program pemerintah menciptakan satu juta pengusaha, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Bengkalis mendorong masyarakat memanfaatkan lahan tidur untuk dijadikan produk pertanian unggulan. Soal pemasaran dan tenaga ahli, Kadin siap membantu memfasilitasi.

''Banyak hal ya bisa kita buat dalam pengembangan ekonomi masyarakat di desa. Salah satunya melalui pemanfaatan lahan tidur di desa untuk produk pertanian unggulan,'' ujar Ketua Kamar Dagang dan Industri Kabupaten Bengkalis, Masuri ketika berkunjung ke Desa Muara Dua, Kecamatan Siak Kecil, Rabu (12/11/2014).

Dipaparkan Masuri, selama ini kendala yang dihadapi masyarakat kemana hasil pertanian ini dipasarkan setelah panen. Tapi sekarang masyarakat tidak perlu risau lagi, Kadin siap memfasilitasi pemasarannya melalui Koperasi UMKM Kreatif.

''Harapan kami, bagaimana setiap desa memiliki produk unggulan. Soal pemasaran dan tenaga ahli, kita dari Kadin melalui Koperasi UMKM Kreatif siap memfasilitasi,'' tegas Masuri.

Apa yang diungkapkan Masuri, bukan hanya isapan jempol belaka. Baru-baru ini Kadin sukses memfasilitasi pemasaran nenas masyarakat Desa Tanjung Leban ke Jakarta secara kontiniu dan dalam jumlah yang besar.

Atas dasar inilah masyarakat Desa Muara Dua mengundang Kadin hadir untuk membantu mengembangkan produk pertanian unggulan di desa ini.

''Kami berharap bagaimana desa kami ini memiliki produk pertanian yg menjadi unggulan seperti kates california dan jahe. Untuk itu kami sangat berharap kepada Kadin bisa memfasilitasi baik pemasaran maupun tenaga ahli,'' ujar Maryono, Kades Muara Dua dihadapan Ketua Kadin Bengkalis dan pengurus.

Adapun pengurus Kadin yang turut mendampingi Ketua Kadin antara lain Ketua Dewan Pengurus Koperasi UMKM Kreatif Hj. Hera Tri Wahyuni yang juga pengurus Kadin, Santi, Yohanes, Oni Cahroni, Direktur Eksekutif Kadin Iswadi Idris dan Ir. Mulyadi sebagai tenaga ahli pertanian mitra Kadin.

Pada kesempatan itu, Mulyadi sempat memberikan pengetahuan kepada masyarakat Desa Muara Dua tentang teknik penanaman kates california dan cara pemupukan yang benar.

Ketua Dewan Pengurus Koperasi UMKM Kreatif, Hj Hera Tri Wahyuni menambahkan koperasi yang dipimpinnya berada di bawah Kadin siap membantu masyarakat mengatasi persoalan pemasaran hasil pertanian yang dihadapi selama ini.

''Tadi saya mendengar dari masyarakat disini, mereka meracuni kebun nenas mereka karena tidak tahu lagi mau dijual kemana. Mereka baru tahu kalau Kadin sudah melakukan terobosan dengan memfasilitasi memasarkan nenas masyarakat Tanjung Leban,'' ujar Hera.

Untuk itu, tambah Hera, Koperasi UMKM Kreatif Kadin siap membantu masyarakat menciptakan dan memasarkan produk unggulan hasil pertanian desa.(jfk)