BENGKALIS, GORIAU.COM - Kamar Dagang dan Industri Kabupaten Bengkalis siap memfasilitasi Pemerintah Kabupaten Bengkalis dalam pengurusan izin pelabuhan kargo dan pelabuhan penumpang domestik maupun internasional ke Kementerian Perhubungan.

Seperti diketahui, sejak otonomi daerah digulirkan, Pemkab Bengkalis telah berupaya membuka akses perhubungan dengan membangun tiga pelubahan. Hanya saja sampai hari ini ketiga pelabuhan yang telah selesai dibangun itu, belum ada mengantongi izin dari pihak berwenang.

Pada pertemuan Kadin se-Indonesia di Jakarta, pekan lalu, yang dihadiri Dephub diwakili Sekjen Pelindo, BKPM Pusat, Kementerian PDT, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Deputi Kemendagri dan Kementerian Perikanan, Kadin Bengkalis menyampaikan persoalan yang dihadapi daerah tersebut.

“Waktu itu kita sampaikan persoalan izin pelabuhan kargo dan penumpang, baik domestik maupun internasional yang telah dibangun oleh Pemkab Bengkalis. Respon pusat sangat bagus, bahkan Ketua Kadin Pusat langsung menghubungi staf ahli Menteri Perhubungan yang juga mantan Dirjen Perhubungan Laut untuk segera disikapi. Intinya mereka siap membantu kendala-kendala yang dihadapi Pemkab selama ini,” ujar Ketua Kadin Bengkalis, Masuri, kepada wartawan, Selasa (26/2/2013).

Bahkan, ujar Masuri, Ketua Kadin Pusat selesai pertemuan itu langsung ingin memfasilitasi Kadin Bengkalis bertemu dengan staf ahli Menteri Perhubungan guna membicarakan persoalan tersebut. “Hanya saja kita tidak bisa melakukannya karena ini bukan domainnya Kadin. Tapi jika nanti Pemkab minta difasilitasi, Kadin siap membantu, ” ujar pria berkacamata ini.

Yang terpenting, ujar Masuri, bagaimana pelabuhan yang telah dibangun itu bisa memiliki izin, termasuk pelabuhan kargo yang sampai hari ini belum dioperasionalkan bisa segera beroperasi karena bisa mendatangkan PAD bagi daerah yang tidak sedikit.

Selain itu Kadin Bengkalis juga turut menyampaikan persoalan pengurusan izin transportasi air dalam hal ini kapal. Dalam upaya mendukung program merangkai pulau-pulau ini, ujar Masuri, tentunya harus disertai penyedian transportasi air yang memadai. Kadin Bengkalis sangat berharap ada kemudahan-kemudahan bagi pengusaha dalam hal pengurusan izin dan sebagainya.

“Dengan adanya kemudahan-kemudahan seperti ini, kita berharap semakin menarik minat pengusaha untuk berinvestasi di bidang transportasi air. Dengan begitu program untuk merangkai pulau melalui penyedian akses transportasi diharapkan bisa tercapai,” tutupnya. (jfk)