BENGKALIS, GORIAU.COM - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Bengkalis meraih penghargaan Kadin Riau Award 2014 untuk kategori Best Instutional Development. Penyerahan penghargaan dilakukan oleh Ketua Kadin Riau, Juni Ardianto Rachman di Hotel Pangeran Pekanbaru, Raubu (26/11/2014).

Menurut Ketua Tim Penilai Kadin Riau Award 2014, Dr. Viator Butar-butar, terpilihnya Kadin Bengkalis menerima penghargaan ini, karena dinilai berperan aktif dalam membina Usaha Kecil Menengah (UKM) maupun Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Bengkalis. Selain itu, Kadin Bengkalis juga berhasil melakukan penguatan kelembagaan Kadin, baik secara eksternal maupun internal.

 ''Seperti baru-baru ini, Kadin Bengkalis sukses memfasilitasi pemasaran nenas masyarakat Desa Tanjung Leban. Kemudian turun melakukan pembinaan terhadap masyarakat untuk mengoptimalkan lahan tidur untuk ditanam dengan produk pertanian unggulan. Terakhir kami dapat informasi, Kadin menjalin kerjasama dengan GOW memberikan pelatihan kepada ibu-ibu untuk mengembangkan sektor pertanian unggulan,'' ujar Viator.

Atas dasar ini pulalah, tambah Viator, pihaknya menilai Kadin Bengkalis layak menerima penghargaan ini. Dan ini diharapkan bisa menjadi pemicu bagi organisasi lainnya untuk berbuat yang sama untuk pengembangan UKM dan IKM.

 Sejumlah Ketua Kadin Kabupaten Kota di Riau yang ditemui di sela-sela menghadiri acara penyerahan anugerah dan Seminar Lokakarya Pengembangan Kawasan Kota Pekanbaru dengan Konsep  Pekansikawan, menilai Kadin Bengkalis memang layak menerima penghargaan tersebut. Mereka mengakui Kadin Bengkalis yang dinakhodai Masuri ini, paling aktif dan inovatif dalam mengembangkan UKM dan IKM.

''Bengkalis sangat layak menerima award ini. Mereka sangat aktif dan inovatif dalam mengembangkan UKM dan IKM di Kabupaten Bengkalis. Kami perlu belajar dengan Kadin Bengkalis,'' ujar Firman, Ketua Kadin Kota Pekanbaru.