DURI - Jelang puncak arus mudik di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) bagian Utara dan Selatan di Jalan Lintas Pekanbaru-Duri-Pekanbaru, Kabupaten Bengkalis, Riau, terjadi peningkatan volume kendaraan sebanyak 20 persen dari hari biasanya. Peningkatan volume kendaraan terjadi dari arah Pekanbaru menuju Medan, begitu juga sebaliknya.

Demikian hal itu disampaikan Kapolres Bengkalis, Ino Harianto kepada GoRiau.com, Minggu siang (26/6/2016) melalui Kasat Lantas, AKP Alex Sandy Siregar. Dirinya menjelaskan, puncak arus mudik diprediksi akan terjadi mulai H-5 hingga H-1.

"Hari biasa, ada sekitar 200 kendaraan yang melintas. Saat puncak arus mudik nantinya akan lebih banyak lagi. Puncak arus mudik nanti akan didominasi oleh kendaraan pribadi, bus hingga sepeda motor," urai AKP Alex.

Ia juga mengingatkan pengemudi kendaraan, untuk memeriksa kondisi kendaraan sebelum memulai perjalanan jauh. Patuhi rambu-rambu lalu lintas, serta tertib berlalu lintas dan mengutamakan keselamatan.

"Istirahat jika lelah saat berkendaraan. Istirahatlah di tempat yang aman seperti spbu, tempat ibadah, serta posko mudik yang ada nantinya," ujarnya.

Ia juga mengingatkan, kondisi jalan yang tidak rata, serta minimnya rambu lalu lintas pun harus diantisipasi pengemudi yang belum pernah melintas di Jalinsum.

"Apalagi saat malam hari, penerangan yang kurang membutuhkan kewaspadaan yang tinggi. Sat Lantas Polres Bengkalis juga memasang spanduk peringatan dibeberapa titik rawan kecelakaan lalu lintas (laka lantas) dan tikungan tajam, serta jalan rusak," tutup AKP Alex menjelaskan.***