BENGKALIS, GORIAU.COM - Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh mengajak warganya untuk menjadi konsumen yang lebih cerdas dan jeli. Tidak sembarangan membeli produk makanan, minuman dan obat-obatan. Lebih mencintai produk dalam negeri.

Kata Bupati, menjadi konsumen cerdas sangat penting artinya bagi masyarakat itu sendiri agar terhindar dari mengkonsumsi produk yang berbahaya bagi kesehatan. Karena jika produk mengandung bahan berbahaya tersebut dikonsumsi setiap hari tanpa sadar akan menganggu fungsi organ dalam tubuh. Seperti gangguan jantung, ginjal dan penyumbatan pada pembuluh darah.

Apalagi saat ini, sambung Herliyan, produk-produk buatan dalam negeri maupun impor semakin membanjiri pasar di daerah ini, bahkan sampai masuk ke pelosok desa. Dan, tidak tertutup kemungkinan produk-produk tersebut mengandung bahan berbahaya dan tidak layak dikonsumsi.

''Ada beberapa kiat menjadi konsumen cerdas, diantaranya teliti sebelum membeli, , pastikan produk jaminan mutu berstandar SNI, membeli sesuai kebutuhan bukan keinginan,'' pesan Herliyanbsaat mengikuti gerak jalan santai sempena peringatan Hari Konsumen Nasional (Hakornas) 2015 yang jatuh pada tanggal 20 April, besok.

Dan yang tidak kalah penting, pesan Bupati lagi, perhatikan label dan masa kedaluarsa. Baik itu, makanan, minuman, maupun obat-obatan

''Setiap orang wajib memperhatikan masa kadaluarsa apa yang dibelinya. Karena hal ini erat kaitannya dengan aspek kesehatan, keamanan dan keselamatan konsumen,'' imbuhnya.

Jalan santai Hakornas yang ditaja Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Perindag) tersebut yang dilaksanakan Minggu (19/4/2015) pagi diikuti tidak kurang seribu peserta.(ail)Pada bagian lain Herliyan berharap seluruh stakeholder atau pemangku kepentingan terkait terus melakukan sosialisasi untuk meningkatkan pemahaman konsumen akan hak dan kewajibannya, sehingga menjadi subjek penentu kegiatan ekonomi serta konsumen cerdas yang cinta produk dalam negeri.Sebab, jika konsumen cerdas, kata Bupati, maka pelaku usaha akan termotivasi untuk meningkatkan kualitas produk dan layanannya sehingga siap menjadi tuan rumah di negerinya sendiri dan mampu bersaing di pasar global.Selain Ketua DPRD H Heruwahyudi, Sekretaris Daerah H Burhanuddin, Kadis Perindag Muhammad Fauzi, sejumlah pejabat Pemkab engkalis ikut bersama Bupati mengikuti gerak jalan yang memperebutkan hadiah utama satu unit sepeda motor tersebut.Pejabat dimaksud diantaranya Staf Ahli Bupati Bengkalis Bidang Hukum dan Politik Hj Umi Kalsum, Kepala Badan Lingkungan Hidup H Arman AA, Kadispenda H Umran, Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu H Hermizon dan Kadis Sosial Darmawi.