BENGKALIS, GORIAU.COM - Meningkatkan koordinasi dan mensingkronkan program kerja, Kamar Dagang dan Industri  (Kadin) Kabupaten Kota se-Riau membentuk sebuah forum.  Melalui forum ini nantinya, setiap satu bulan atau 3 bulan sekali, akan ada pertemuan pengurus Kadin Kabupaten Kota se-Riau dengan tuan rumah digilir.

Pembentukan Forum Kadin Kabupaten Kota ini lahir dalam Rapat Pimpinan Provinsi (Rapimprov) Kadin Riau yang digelar di Hotel Pangeran, Pekanbaru, Kamis (27/11/2014). Dalam pertemuan itu, para ketua Kadin Kabupaten Kota se-Riau yang hadir sepakat untuk membentuk forum ini.

''Tuan rumah pertama pertemuan Forum Kabupaten Kota nanti adalah Pekanbaru. Setelah itu Bengkalis dan selanjutnya akan digilir kabupaten kota lainnya," ujar Ketua Kadin Bengkalis, Masuri, yang merupakan salah satu inisiator lahirnya Forum Kadin Kabupaten Kota ini, Jumat (28/11/2014).

Menurut Masuri yang baru saja menerima penghargaan Kadin Riau Award 2014, forum ini dibentuk bertujuan untuk lebih mempererat hubungan silaturahmi antar pengurus Kadin Kabupaten Kota se-Riau. Di samping itu juga, melalui forum ini juga diharapkan bisa sharing informasi program serta membangunan sinergisitas terkait potensi-potensi apa saja yang bisa dikembangkan di daerah-daerah masing-masing.

''Melalui forum ini nantinya, diharapkan bisa bertukar informasi terkait program di daerah masing-masing dan tidak tertutup kemungkinan bisa dikerjasamakanatau dikembangkan dalam upaya menggali potensi yang ada di daerah masing-masing,'' ujar Masuri.

Ditambahkan Masuri, dalam Rapimprov kemarin, Kadin Kabupaten Kota juga sepakat perlunya penguatan kelembagaan Kadin sehingga keberadaan organisasi para pengusaha ini bisa memberikan sumbangsihnya dalam pengembangan ekonomi masyarakat.

''Salah satu upaya penguatan fungsi kelembagaan Kadin ini, kita mengusulkan direvisinya UU Nomor 1 Tahun 1987 tentang Kadin. Ini telah menjadi kesepakatan bersama pengurus Kadin Kabupaten Kota se-Riau dalam Rapimprov kemarin dan akan dibawa ke Rapimnas di Jakarta, 8 Desember nanti,'' tutup Masuri. (jfk)