BENGKALIS, GORIAU.COM - Bertempat di Balai Raja Room Grand Elite Hotel, Pekanbaru, Kamis (3/9/2015) malam, dilakukan silaturahmi dan keakraban Danrem 102/Panju Panjung (Pjg) dengan Danrem 031/Wirabima (WB) beserta staf dan mitra di Provinsi Riau.

Acara silaturahmi dan keakraban yang diawali makan malam bersama penuh kekeluargaan tersebut, sebagai rangkaian dari adanya pergeseran dua posisi strategis di jajaran Komando Resort Militer (Korem) 031/WB. Kali ini dua jabatan penting yang bergeser tersebut adalah Kasrem 031/WB dan Kasi Ops 031/WB.

Sebagaimana dilaporkan Kepala Bagian Humas Pemerintah Kabupaten Bengkalis Johansyah Syafri, sekitar pukul 22.50 WIB Kamis malam, Penjabat (Pj) Bupati Bengkalis H Ahmad Syah Harrofie beserta Dandim 0303/Bengkalis Letkol Arh Wachyu Dwi Haryanto, juga ikut hadir dalam acara yang dilaksanakan di hotel yang berlokasi di Kompleks Riau Business Centre Jalan Riau, Pekanbaru tersebut.

Sebelum acara silaturahmi dan keakraban yang juga dihadiri Pelaksana Tugas Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman itudigelar, pada Kamis siang terlebih dahulu dilakukan serah terima jabatan (Sertijab) keduanya kepada penggantinya masing-masing. Menurut informasi, Sertijab dimaksud dilaksanakan di Aula Markas Korem 031/WB, Jalan Sultan Syarif Kasim Pekanbaru dan dipimpin Danrem 031/WB Brigjen TNI Nurendi, MSi (Han).

"Perkembangan saat ini cukup cepat di mana serah terima jabatan ini merupakan hak prerogatif pimpinan. Hal ini tak perlu kita pikirkan, karena hal ini merupakan pembinaan personel dan merupakan hal biasa," kata Danrem 031/WB.

Masih kata Nurendi saat memimpin Sertijab, dalam ketentaraan atau TNI Sertijab adalah hal biasa. "Saya secara pribadi mengucapkan terima kasih kepada pejabat yang telah melaksanakan tugasnya di lingkungan Korem 031/WB ini. Ini bukan keinginan kita, tapi merupakan hak prerogatif atasan," ujar Danrem 031/WB, sebagaimana dipublikasikan melalui laman website Korem 031/WB.

Untuk diketahui, sebagai Kasrem 031/WB, Kolonel Arh Purwo Sudaryanto digantikan Kol Czi I Nyoman Parwata SE, M.Si yang pernah menjabat Komandan Detasemen Zeni Tempur (Denzipur) 3 Kodam Jaya (2004-2004), Dandim 1423/Soppeng (Provinsi Sulawesi Selatan), dan Aster Kasdam II/Sriwijaya. Sedangkan Kasi Ops Korem 031/WB Letkol Inf Dody Zulkarnain digantikan Letkol Inf Saad Miyanta yang pernah menjabat Kasi Ops Korem 033/Wira Pratama (Provinsi Kepulauan Riau).

Adapun Kolonel Arh Purwo Sudaryanto yang sejak lama dikenal sebagai sahabat dekat Ahmad Syah yang juga Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Pemerintah Provinsi Riau ini, sekarang sudah menjabat Danrem 102/ Pjg (Provinsi Kalimantan Tengah). Sedangkan Letkol Inf Dody Zulkarnain, kini diangkat menjadi Komandan Brigade Infanteri I Kostrad di Jakarta.

Sebagai Kasrem 031/WB, Kolonel Arh Purwo Sudaryanto belum setahun bertugas di Bumi Lancang Kuning. Namun sebelum menjabat Kasrem, pria yang dikenal murah senyum ini, sebelumnya juga pernah bertugas di Korem 031/WB, yaitu sebagai Kasi Intel.

Jabatan Kasrem 031/WB resmi diamanahkan di pundak Kolonel Arh Purwo Sudaryanto yang pernah menjabat Dandim 0424/Tanggamus (Provinsi Lampung) dan betugas di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam ini, terhitung sejak Senin (19/1/2015) lalu. Atau hanya sekitar 7 bulan 15 hari. Sebagai Kasrem 031/WB, Kolonel Arh Purwo Sudaryanto menggantikan Kolonel Inf Sucipto.

Selanjutnya, sebagai Danrem 102/Pjg, Kolonel Arh Purwo Sudaryanto menggantikan Kolonel Kav Sulaiman Agusto yang memperoleh amanah baru sebagai Danrem 131/Santiago, Manado (Provinsi Sulawesi Utara). Sertijab keduanya juga ditaja Kamis hari ini, dan langsung dipimpin Panglima Kodam XII/Tanjung Pura (Tpr), Mayjen TNI Toto R Soedjiman yang dilaksanakan di Aula Makodam XII/Tpr. (rls)