DURI, GORIAU.COM - Setiap malam ke 17 bulan Ramadan umat Islam diseluruh dunia melaksanakan Nuzul Quran, tak terlepas di kota Duri, kecamatan Mandau, kabupaten Bengkalis. Dihadiri Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh, ribuan warga padati paringatan Nuzul Quran di masjid raya Arafah jalan Hangtuah Duri, Sabtu (3/7/2015) malam.

"Dengan mempertebal nilai-nilai agama, diantaranya dengan melaksanakan maghrib mengaji. Mempelajari dan menagamalkan isi kandungan Alquran merupakan kewajiban kita sebagai umat muslim," ungkap Herliyan Saleh dalam pidato singkatnya.

Bagi dirinya, dengan diturunkannya Alquran dalam dunia untuk memberikan jalan kebaikan dunia dan akhirat bagi manusia. AlqurÂ'an diturunkan, untuk menentukan kehidupan dan mengangkat harkat serta derajat manusia dari lembah kegelapan ke alam yang terang.

"Melalui pemahaman, penghayatan dan pengamalan AlqurÂ'an, kita harus mampu meningkatkan kehidupan lahiriyah dan batiniyah. Untuk meningkatkan kualitas kehidupan , harus mengupayakan kecerdasan berpikir,  berinfak dan beramal, hal ini sejalan dengan maksud ayat yang pertama diturunkan Allah SWT yaitu perintah untuk membaca," pungkas Bupati Bengkalis.

Dalam kesempatan itu Herliyan Saleh mengajak para orang tua untuk mengawasi pergaulan anak-anaknya, terutama lingkungan yang akan mempengaruhi pola pergaulan mereka.

"Saat ini kita prihatin dengan persoalan anak-anak remaja yang terjebak dengan pergaulan bebas, kenakalan remaja, minuman keras dan narkoba.dan jangan terpengaruh, mengingat anak remaja merupakan calon pewaris penegak agama Islam. Oleh karena itu, orang tua dituntut untuk waspada mengantisipasi kemerosotan moral para remaja kita," pesan Bupati.

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Mandau sebagai tuan rumah, Camat Pinggir, para kepala dinas, serta jamaah masjid raya Arafah.(ric)