BENGKALIS, GORIAU.COM - Panitia Seleksi Daerah (Panselda) Kabupaten Bengkalis akan mengumumkan jadwal pendaftaran ulang dan pengambilan nomor peserta bagi para pelamar yang lolos administrasi pada proses seleksi penerimaan CPNS Kabupaten Bengkalis, Penerimaan CPNS Kabupaten Bengkalis, awal bulan ini. Selanjutnya, peserta akan mengikuti seleksi tes tertulis yang akan dilaksanakan di Politeknik Bengkalis.

''Insyaallah awal bulan ini, antara tanggal 3 atau 4 November kita akan mengumumkan jadwal pendaftaran ulang sekaligus pengambilan nomor peserta. Sementara untuk pelaksnaaan tes tertulis dengan sistem CAT sudah kita tetapkan di Politeknik Negeri Bengkalis,'' ujar Kepala BKD Bengkalis, melalui Kabid Pengadaan dan Pengembangan, Nurkamarzaman, Jumat kemarin.

Kalau tidak ada perubahan, pengambilan nomor peserta akan dilaksanakan pada pertengahan Nopember dan jadwal ujian CAT pada Desember mendatang, tepatnya mulai tanggal 6 Desember 2014. Memang,rentang waktu antara pengambilan nomor peserta dengan jadwal ujian cukup lama. Namun, dengan waktu yang cukup lama tersebut justru menguntungkan para peserta seleksi karena mereka akan memiliki cukup persiapan menjelang ujian.

Saat ditanya mengapa pendaftaran ulang pengambilan nomor peserta tidak dilaksanakan menjelang ujian, pria yang akrab disapa Man ini mengatakan, pihaknya awalnya menginginkan seperti itu dengan pertimbangan untuk meminimalisir hilangnya nomor peserta.

''Bisa saja terjadi karena nomor peserta cukup lama di tangan, lalu hilang. Tapi, di sisi lain kita pun mempertimbangkan adanya peserta yang disibukkan dengan kegiatan lain dan mereka butuh kepastian. Misalnya ada yang sudah bekerja di luar Bengkalis, mereka ini butuh kepastikan kapan daftar ulang dan kapan ambil nomor peserta. Itu sebabnya jadwal pengambilan nomor peserta kita tetapkan sekitar pertengahan Nopember, antara tanggal 11 sampai dengan 13 November,'' katanya.

Wakil Direktur Bidang Pengembangan dan Penelitian Politeknik Negeri Bengkalis, Alfansuri saat dihubungi terkait dengan kesiapan Politeknik dalam menyelenggarakan tes tertulis CPNS Bengkalis mengatakan, sejauh ini tidak ada masalah. ''Kita sudah menyiapkan sebanyak 100 unit komputer untuk pelaksanaan tes dengan sistem CAT ini. Sementara untuk waktu pelaknaaan dimulai dari tanggal 6 Desember,'' kata Alfansuri.

Dikatakan, dalam satu hari akan dilaksanakan 5 kali tes CAT sehinggadengan 100 unit komputer akan ada 500 peserta yang ikut tes dalam satu hari. Kalau jumlah peserta dalam kisaran 3000-an lebih, maka dalam satu minggu tes CAT selesai dilaksanakan.

''Dengan rentang waktu tersebut, insyallah kegiatan akademik di Politeknik Negeri Bengkalis pun tidak terganggu,'' ujarnya. (jfk)