DURI, GORIAU.COM - Ketua RT dan RT merupakan garda terdepan dalam pemerintahan dan pelayanan, sehingga dituntut untuk memberikan yang terbaik dalam menjalankan tugas pokoknya. Dengan demikian masyarakat merasa puas atas pelayanan dari Ketua RT dan RW.

Demikian diungkapkan Bupati Bengkalis, Herliyan Saleh saat membuka sosialisasi RT/RW se-Kecamatan Mandau yang ditaja oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) di Gedung Bathin Betuah, Kantor Camat Mandau, Minggu (2/8/2015).

Acara sosialisasi RT/RW yang diikuti oleh 250 orang ini, turut dihadiri oleh Kepala BPMPD Bengkalis Ismail, Camat Mandau Hasan Basri, Kanit Bimas Polsek Mandau, Juanda.

RT dan RW berfungsi sebagai mata dan telinga dari pemerintahan, artinya setiap adanya masalah dan persoalan yang terjadi di wilayahnya, harus tahu dan dapat diatas segera mungkin. Jika persoalan itu tidak bisa bisa diatasi, maka harus dikoordinasikan dengan kepala desa atau kelurahan, sehingga dapat diselesaikan di tingkat itu.

Dikatakan Herliyan Saleh, dalam memberikan pelayanan masyarakat dan upaya penyelesaian masalah di desa, membutuhkan sinergi dari tataran RT/RW, desa/kelurahan, pemerintahan kecamatan maupun Kabupaten Bengkalis. Untuk itu, semua stakeholder dari tataran desa/kelurahan harus mampu bekerja sama dan mesinergikan seluruh tugas-tugas pokoknya dalam memberikan pelayanan.

Fungsi RT/RW hendaknya menjadi corong atau perpanjangan tangan dari pemerintah untuk memberikan informasi yang benar kepada masyarakat. Langkah ini penting agar masyarakat mengetahui setiap kebijakan dan program-program pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemkab Bengkalis. ''Perlunya RT/RW sebagai corong pemerintah, untuk menghindari kesalahpahaman masyarakat dalam menerima informasi-inforamsi yang tidak benar,'' tandasnya.

Ketua RT/RW memegang peran penting dalam mewujudkan ketertiban dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). Salah satu upaya yang dilakukan untuk menciptakan Kamtibmas yang baik, seorang RT/RW dapat merangkul seluruh elemen masyarakat. Disamping itu, RT/RW harus tanggap dan peka terhadap hal-hal yang terjadi di wilayah kerjanya.

Pada kesempatan itu, Herliyan Saleh juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh Ketua RT/RW yang telah melakukan tugas pokoknya dalam menjalan tugas dan fungsi pokoknya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

(rls)