BENGKALIS, GORIAU.COM - Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh secara resmi membuka Liga Pendidikan Indonesia (LPI) memperebutkkan Piala Presiden yang diikuti pelajar SMP dan SMA dari 8 kecamatan di Kabupaten Bengkalis yang diselenggarakan Dinas Pendidikan di Stadion Muhammad Ali, sore tadi (16/6/2014).

Turut hadir dalam pembukaan LPI yang diselenggarankan dari tanggal 16 hingga 19 Juni ini, Asisten III Herdi Sulioso, Kadisdik Bengkalis Herman Sani, Kadisbudparpora Eduar, anggota DPRD Sofyan, serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Bupati merasa bangga berada di tengah-tengah para pemain sepakbola Liga Pendidikan Indonesia Piala Presiden Cup antar pelajar SMP dan SMA sederajat se-Kabupaten Bengkalis.

''Kalian merupakan calon-calon pemain sepakbola masa depan yang kelak bisa mengharumkan daerah hingga ke tingkat nasional dan internasional,'' ujar Bupati.

Bupati juga memberikan semangat kepada peserta dengan mencontohkan perhelatan Piala Dunia 2014 di Brazil. Menurutnya, perhelatan Piala Dunia hendaknya menjadi sebuah motivasi dan pembelajaran berharga untuk menjadi pemain terbaik di level internasional. Tak dipungkiri untuk mencapai sebuah puncak kejayaan sebagai pemain sepakbola terbaik, tentu membutuhkan kemauan untuk belajar, kerja keras dan latihan secara kontiniu.

''Saya yakin dan percaya, anak-anak ku yang hadir di sini punya tekad dan cita-cita untuk menjadi pemain termashur,'' ujar Bupati.

Ajang Liga Pelajar Indonesia, selain sebagai arena pengasah bakat-bakat muda, juga dapat menjadi ajang penyaluran kreativitas sekaligus pengarahan bakat dan semangat jiwa muda. Kemudian memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan anak-anak, sehingga terhindar dari pengaruh negatif seperti kenakalan remaja, obat-obatan terlarang seperti narkoba dan minuman keras.

''Intinya, tujuan perhelatan liga pelajar Indonesia ini diharapkan mampu mengembangkan budaya hidup sehat dan gemar olahraga sekaligus menumbuhkembangkan nasionalisme dan cinta Tanah Air,'' ujar Bupati.

Melalui Liga Pendidikan Indoensia ini, ia berharap terjadi suatu proses pembinaan pemain dari yang bersifat alami menjadi sebuah penguasaan skil yang dapat diandalkan membawa nama harum kabupaten bengkalis di tingkat nasional.

''Hendaknya Liga Pendidikan Indonesia ini mampu menjadi pemupuk rasa kebersamaan dan rasa kesetiakawanan yang selama ini menjadi modal kekuatan membangun daerah ini di berbagai bidang, termasuk pembinaan di bidang olahraga,'' harap Bupati.(jfk)