PADANG - Tim SAR gabungan menemukan dua pemotor yang dilaporkan hilang tertimbun material longsor di Sitinjaui Lauik, Kelok Bento Panorama Dua, Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Selasa (8/5/2024). Keduanya ditemukan dalam kondisi selamat.

"Dua orang pengendara sepeda motor yang menjadi korban tersebut terjebak material longsoran di lokasi sebelum tim SAR gabungan menemukan dan mengevakuasi mereka," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari dalam keterangan resminya, Rabu (8/5/2024), seperti dikutip dari Sindonews.com.

Akses jalan Padang-Solok yang tertutup material longsor juga sudah bisa dilalui kembali.

Longsor terjadi akibat hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang mengguyur Kota Padang, pada Selasa (7/5/2024). Material longsoran menutup akses jalan Padang-Solok di kedua arah sehingga tidak bisa dilalui kendaraan.

Tim SAR gabungan mengerahkan tiga alat berat guna melakukan evakuasi dan pencarian korban hilang serta pembersihan material longsoran yang menutup badan jalan.

Menyusul masih dinamisnya cuaca di wilayah Padang, BPBD setempat mengingatkan kepada warga agar tetap waspada khususnya mereka yang ingin bepergian menyusul potensi hujan lebat di wilayah Provinsi Sumbar, khususnya di Kota Padang, yang diperkirakan masih terjadi.

Longsor di kawasan Sitinjaui Lauik, Jalan Padang-Solok, Lubuk Kilangan, Padang, Sumbar, pada Selasa (7/5/2024) sekitar pukul 14.00 WIB menyebabkan satu unit mobil terseret longsor dan dua pengendara tertimbun.

Berdasarkan laporan dari Kantor Basarnas Padang, ada dua orang pengendara sepeda motor tertimbun material longsor di Panorama.

“Kita menduga itu suami istri mengendarai sepeda motor. Tim sedang menuju lokasi. Korban ada dua orang," kata Kepala Kantor Basarnas Padang, Abdul Malik. Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang, Hendri Zulviton membenarkan kejadian longsor tersebut, Selasa.***